Apa itu BLOG?

Tuesday, May 10, 2005
Blog menurut kamus Merriam-Webster (edisi 2005) adalah situs web berupa jurnal pribadi online yang berisi refleksi, komentar, dan hyperlink yang ditulis oleh penulisnya.

Blog sendiri sebenarnya adalah kependekan dari Web blog / weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara terus menerus dan berisi link-link ke website lain yang dianggap menarik dilengkapi dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Dengan kata lain, blog adalah kumpulan link-link yang disusun secara kronologis, dimana tulisan terakhir yang dibuat disimpan di bagian atas website. Blog kemudian berkembang sendiri mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyertakan komentar-komentar mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

Dari komentar-komentar tersebut, Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita “mengintip” fikirandan kehidupan sehari-hari dari penulisnya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya.

Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi kini memuat foto-foto, video-video. Blog yang memuat link-link foto disebut photoblog sedangkan yang berisi video disebut videoblog.
 
posted by Desi at 2:06 AM, |

0 Comments: